Selasa, 12 April 2011

Serang Sale, Warga Dihimbau Galakkan Kebersihan

Sale – Hama ulat bulu menyerang puluhan pohon mangga di dusun Krenjo desa Sale Kec. Sale.
Ulat gatal yang terkesan sangat menjijikkan itu memenuhi batang batang pohon, jumlahnya diperkirakan mencapai ribuan. Berbeda dengan kasus di Probolinggo Jawa Timur, ulat bulu di dusun Krenjo ini belum sampai masuk ke rumah rumah penduduk.Bakri, salah satu warga dusun Krenjo desa Sale mengatakan ia buru buru menebangi pohon mangga miliknya, untuk mencegah penyebaran ulat bulu. Terlebih lagi ramainya pemberitaan di televisi, membuat Bakri agak cemas.
Begitu pula dengan warga lain, Peni. Menurutnya ulat bulu ini berkembang sangat cepat. Tidak hanya memakan daun, tetapi ulat berukuran besar sudah masuk ke sela sela batang kayu. Peni lebih senang menggunakan obor api, untuk mematikan ulat bulu. Obor dipasang pada ujung galah, sehingga bisa menjangkau hingga ke pohon bagian atas. Melalui pengendalian serentak, hama ulat bulu sudah semakin berkurang.

Koordinator Petugas Pengamat Hama Kab. Rembang Sri Hartono mengatakan cara mengobori lebih tepat, dibandingkan memanfaatkan obat pestisida.
Selain ramah lingkungan, ulat ulat yang terjatuh ke tanah bisa menjadi santapan ayam.

Sri Hartono menghimbau kepada masyarakat senantiasa menjaga kebersihan, terutama di areal perkebunan mangga.
Hal itu merupakan langkah pencegahan yang efektif. Ia beralasan ketika daun daun banyak berserakan di tanah, menjadi tempat nyaman untuk bertelur kupu kupu, kemudian berkembang menjadi ulat.

Selain menyerang dusun Krenjo, hama ulat bulu juga sempat muncul di kawasan desa Tengger Kec. Sale dan desa Samaran Kec. Pamotan. Tetapi langsung cepat ditangani.
Dinas Pertanian Dan Kehutanan Kab. Rembang hari Senin menyerukan kepada seluruh petugas pengamat hama, meningkatkan pengamatan dini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar