Rabu, 16 Maret 2011

Buaya Lepas Hanya Isu

Rembang – Beberapa hari terakhir ini beredar kabar mengejutkan buaya di obyek wisata Dampo Awang Beach Taman Kartini Rembang terlepas dari kandangnya. Akibatnya warga di sekitar pesisir pantai dan muara suangai Karanggeneng menjadi cemas, takut kalau buaya menerkam manusia.
Pihak pengelola wisata hari Selasa memastikan bahwa hal itu hanyalah isyu. Tiga ekor buaya yang menjadi koleksi satwa dipastikan masih utuh dan tidak ada satupun yang hilang.
Semenjak kabar tersebut meluas, tentu saja pengelola Dampo Awang Beach Taman Kartini kebanjiran pertanyaan dari masyarakat maupun para pengunjung. Murwadi misalnya.
Wakil Manajer obyek wisata ini mengaku tak tahu dari mana isyu berhembus pertama kali. Setiap muncul pertanyaan, Murwadi berusaha menjelaskan dengan gamblang bahwa buaya masih berada di kandangnya. Bahkan pengunjung ditantang untuk melihat langsung, kalau memang belum percaya.
Ketika ditanya apakah ada pihak pihak sengaja menyebarkan isyu untuk menurunkan pamor Taman Kartini ? Pria asal desa Ngadem Rembang tersebut mengaku tidak tahu.
Murwadi memperinci pihaknya merawat tiga ekor buaya, titipan dari seorang kolega warga Juana Pati. Dua ekor buaya panjangnya mencapai 2 meter, sedangkan seekor lainnya masih kecil yakni baru setengah meter, sehingga kandangnya harus dipisah.
Selama ini untuk merawat buaya tidak terlalu sulit, hanya dengan memberikan santapan seekor ayam setiap dua minggu sekali.
Mengenai kandang buaya, juga sudah diperketat sedemikian rupa untuk menjamin keamanannya. Tak ada penurunan pengunjung, setelah muncul kabar buaya terlepas. Jumlah wisatawan yang datang masih tetap stabil, rata rata 350 an orang per hari.
Ke depan pengelola sebenarnya ingin menambah 14 jenis satwa yang telah ada sekarang ini, tetapi niat itu sementara diurungkan karena keterbatasan lahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar