Senin, 02 Mei 2011

Dua Pulau Terancam Hilang

PULAU MARONGAN,REMBANG
Rembang - Dua pulau besar di wilayah Kabupaten Rembang yakni Pulau Gede dan Marongan terancam hilang akibat tingginya abrasi dan kurangnya perhatian para pihak pemerhati lingkungan, termasuk dari kantor lingkungan hidup kabupaten setempat."Dua pulau kita terancam hilang, yakni Pulau Gede dan Marongan. Pulau Gede yang awalnya memiliki luas antara 20-30 hektare kini tinggal sekitar lima hektare saja. Untuk Pulau Marongan dari 60 hektare kini tinggal 2-3 hektare saja," kata Bupati Rembang, Mochammad Salim saat menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Rembang Tahun 2010, di Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Rembang, Senin (2/5).

Padahal, seperti diketahui, Pulau Gede kini masih kerap dikunjungi wisatawan maupun pemancing yang mampir ke Rembang. Disebutkan, Pulau Gede biasa ditempuh lewat dua jalur, yakni dari kawasan wisata Taman Rekeasi Pantai Kartini (TRPK) atau dari pantai pasir putih Tasikharjo, Kaliori, dengan menyewa perahu nelayan seharga Rp 100.000 sehari.

"Karena sejumlah pulau-pulau kecil mulai terkikis, kami minta ke depan Kantor Lingkungan Hidup dan instansi terkait semakin keras berupaya untuk menyelamatkan pulau-pulau tersebut," katanya menandaskan.

Menurut Jari (40), nelayan asal Desa Tasikharjo, Kecamatan Kaliori yang kerap mencari ikan maupun rajungan di sekitar Pulau Gede menyebutkan, luas Pulau Gede saat air pasang kini tak lebih dari dua hektare saja.

''Kalau air surut atau hingga jam delapan pagi, daratan berupa karang memang masih terlihat, sehingga luasannya masih mencapai sekitar lima hektare. Namun setelah air pasang, daratan pulau menyusut hingga hanya sekitar dua hektare saja. Padahal dulu lebih luas lagi, meski air pasang sekalipun," katanya.

Selain Pulau Gede dan Marongan, pulau besar lainnya yang tercatat di Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Rembang, yakni Pulau Sualan seluas lebih dari 2 hektare.

Selain itu, juga ada 17 gugusan karang yang memiliki luasan areal antara 0,5 hektare hingga yang paling besar mencapai 2 hektare, yakni Karang Kapayu. (Pujianto-02)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar